Faktor Penyebab Terganggunya Tumbuh Kembang Anak

| | 0 Comments

Danigrab – Walaupun anak sudah memiliki tahap perkembangan dan pertumbuhan berdasarkan pada usianya, namun orangtua wajib waspada dengan hal-hal di luar kontrol yang bisa menjadi gangguan tumbuh kembang anak. Untuk itulah, sesibuk apa pun orangtua, jangan lupa untuk selalu mengontrol perkembangan dan pertumbuhan anak. Jangan sampai anak kehilangan sosok orangtua.

Pastikan orangtua menjadi orangtua yang pintar dengan kritis dalam mencari banyak ilmu pengetahuan yang ada di sekitar. Orangtua harus pandai menyikapi apa saja hal-hal yang akan dihadapinya saat mengasuh anaknya sesuai masa pertumbuhannya. Jangan sampai orangtua bingung dan tidak bisa mengatasi permasalahan yang timbul, sehingga tumbuh kembang anak menjadi terganggu. Ini akan berakibat pada masa depan anak. Bahkan saat itu juga, kita sudah bsia menebak bagaimana nantinya perkembangan anak, apakah menuju ke perkembangan yang baik atau yang buruk.

Seperti pada perkembangan anak usia 4 tahun yang syarat akan pengaruh lingkungan sekitarnya, terutama lingkungan sekolahnya. Di usia itu, anak sudah masuk usia sekolah, yakni masuk di Play Group atau Taman Kanak-Kanak. Anak sudah mulai menjalani kebiasaannya di luar rumah, sehingga pengaruh dari dunia luar sangatlah besar.

Jika tidak diperhatikan dengan benar, maka gangguan tumbuh kembang anak sudah pasti tidak akan bisa dihentikan lagi. Anak akan berontak dan akan keluar dari perkembangan yang semestinya. Berikut adalah faktor-faktor yang menyebabkannya :

tumbuh kembang anak

1. Pengaruh orang tua atau pengasuhnya

Orang tua sebagai orang yang paling dekat dengan anak sejak pertama kali lahir, untuk itulah anak akan sangat mengidolakan orangtuanya. Apa yang dilakukan orangtuanya adalah pedomannya dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk itulah orangtua harus benar-benar menjaga sikap di depan anaknya. Kalaupun anak diasuh oleh seorang pengasuh, pastikan campur tangan orangtua dalam mengontrol perkembangan anak tetap ada. Jangan menyerahakn begitu saja kepada pengasuh.

2. Obesitas

Faktor ini juga menjadi salah satu faktor dari terjadinya gangguan tumbuh kembang anak. Anak yang sudah mulai terlihat progress perkembangan berat badannya yang berlebih di bulan ke 6, maka harus segera dihentikan. Jika tidak, anak akan mengalami obesitas, sehingga akan berakibat pada perkembangan sosialnya.

Bahkan prestasinya akan menurun dan tidak akan pernah bisa meningkat karena yang dipikirkan adalah nafsu makan saja. Selain itu, rasa kurang percaya diri juga akan dirasakan, karena kelebihan berat badan yang sangat mengganggu. Kemampuan bersosialisasinya akan sangat kurang, sehingga tidak banyak teman.

3. Lingkungan sekitar

Faktor ini juga menajdi faktor yang sangat berpengaruh. Apalagi bagi anak-anak yang sudah bersekolah. Figure yang diikutinya bukan hanya orangtua, melainkan ada teman-teman dan idola pemain di televisi. Faktor ini sangat riskan mempengaruhi perkembangan anak usia 4 tahun. Apa yang dilakukan oleh idolanya pasti akan dilakukan dan ditiru sampai di rumah. Bahkan melawan apa yang dilarang orangtua pun akan dilakukan jika mereka merasa disalahkan.

Pola asuh dan pemberian perhatian yang penuh harus selalu diutamakan, agar orangtua bisa mencegah adanya gangguan tumbuh kembang anak. Jangan sampai anak kehilangan masa kecilnya, karena masa perkembangan yang tidak sesuai dengan usianya. Oleh karena itu dalam hal ini Anda sebagai orang tua harus benar-benar memiliki banyak waktu dan wawasan supaya dalam prosesnya anak tetap mendapatkan stimulus yang tepat. Dengan begitu anak akan terlatih untuk menerima hal-hal baik dan bisa menyaring informasi yang diterimanya dari luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *